Pertimbangan afkir dengan harga telur

Posted by EKO APRI SETIADI On Selasa, 18 Desember 2012 2 komentar

Pertimbangan afkir dengan harga telur

Sebentar lagi kita memasuki bulan Ramadhan/puasa, biasanya 3-2 minggu menjelang bulan puasa harga2 kebutuhan pokok serentak naik, termasuk telur ayam.
Disaat saat seperti itu pula sebagaian dari peternak harus melakukan afkir pada ayam2 yang sudah tua. Banyak yang ragu2 dan bingung menghadapi delema fakir ayam padahal harga telur sedang baik2nya, sehingga tidak jarang timbul penyesalan.
Berikut saya berika sedikit perhitungan untuk di jadikan pertimbangan dalam meng afkir ayam.
Misalnya:
Jika kita terlambat mengafkir ayam, lalu harga afkir turun Rp 100,-/kg maka yang terjadi adalah “potential loose” disebut “PL” yang dapat dihitung sebagai berikut: Harga afkir turun Rp 100,-/kg, maka PL perekor adalah Rp 190,-/ekor (jika berat perekor afkir 1,9 kg).
Bagaimana cara menutup kerugian tersebut..? Jika produksi ayam kita usia 80 minggu masih 75% (HD) dan berat telur rata2nya 64 gr maka: seekor ayam rata hanya menghasilkan telur seberat : 75% x 64 = 48 gram artinya dibutuhkan 1000  : 48 = 20,8 ekor ayam untuk menghasilkan 1 kg telur. maka PL yang harus di tanggung oleh 1 kg telur adalah 20,8 x 190 = Rp 3.952,- Untuk menutup kerugian tersebut, maka harga telur harus naik atau dinaikan. Jika harga telur bisa naik Rp 100,-/kg, maka kenaikan harga telur tersebut harus dipertahankan selama : 3.952 : 100 = 39,5 hari...!!! (angka2 dapat diubah disesuaikan dengan kondisi farm sendiri).
Singkatnya: Turunnya harga afkir akan menyebabkan PL setara dengan menaikkan harga telur selama 5-6 minggu...!! ( Demikian juga jika sebaliknya yang terjadi, kita mendapat keuntungan yang cukup besar). Ini sudah kami jadikan salah satu pertimbangan jika ragu2 dalam mengafkir ayam tua.....( Breeding justru sering mengabaikan hitungan ini)

——————————
BLOG Layer Nusantara mempunyai harapan untuk menjadi Pintu Gerbang Informasi Bisnis Layer di Indonesia. Andapun dapat turut berbagi informasi sebagai kontributor di BLOG tersebut.
Bila Anda berkeinginan untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman bisnis perunggasan, maka di sinilah tempatnya. Kirimkan artikel Anda melalui email posongfarm@gmail.com dan akan diposting di BLOG PETERNAK LAYER NUSANTARA
Mengutip motto dari @AkademiBerbagi bahwa “BERBAGI BIKIN HAPPY”. Jangan lupa follow @republikENDOG  di http://www.twitter.com untuk selalu terhubung bersama mengkampanye protein hewani untuk menuju Indonesia Emas 2020.

2 komentar:

Supplier Ternak mengatakan...

pembahasan yang sangat bermanfaat
kunjungi juga web saya
ayam afkir

Supplier Ternak mengatakan...

pembahasan yang sangat bermanfaat
kunjungi juga web saya
ayam afkir

Posting Komentar